Senin, 20 Juni 2011

Konfigurasi SSH pada Ubuntu Server 10.10

Posted by Nahriful A. on 12.41


OpenSSH akan sangat berguna bagi anda semua yang sedang berkerja sebagai sistem administrasi jaringan. Karena dengan memanfaatkan OpenSSH ini kita bisa melakukan remote server tanpa harus terhubung secara langsung dengan komputer server. Pada kesempatan kali ini akan ditunjukkan cara Setting OpenSSH server di ubuntu server 10.10 dan sekaligus cara meremote server dengan menggunakan aplikasi Putty di windows. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  1. Untuk mengecek belum atau sudahnya OpenSSh-server terinstall di ubuntu-server anda bisa menjalankan perintah berikut untuk menginstalnya :
# sudo su

  1. Masukkan password root. Kemudian jalankan perintah di bawah ini :

# tasksel
  1. Bila aplikasi OpenSSH-server sudah ada tanda bintang maka OpenSSH-server sudah terinstal. Jika belum tinggal tekan tombol space untuk member centangan bintang pada OpenSSH-server.

  1. Setelah itu edit file /etc/ssh/sshd_config dengan perintah :
# nano /etc/ssh/sshd_config
  1. Demi keamanan ganti tulisan port 21 dengan port lain, biasanya yang sering dipakai port 10. simpan kembali file tersebut dengan menekan tombol Ctrl+X kemudian Y kemudian Enter
  1. Restart OpenSSH dengan perintah
# service ssh restart
  1. Buka aplikasi Putty di client. Isikan hostname/Ipaddress server pada kotak hostname, dan isikan port sesuai dengan settingan di OpenSSH-server (10), kemudian klik Open

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site